PENILAIAN WISATAWAN TERHADAP DESAIN PRODUK KERAJINAN DI KAWASAN MALIOBORO

Authors

  • Kristian Oentoro Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
  • Wiyatiningsih Wiyatiningsih Program Studi Magister Arsitektur, Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

Malioboro, Desain, Kerajinan, Wisatawan

Abstract

Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata terkemuka yang terletak di jantung Kota Yogyakarta. Kawasan Malioboro juga menjadi pusat wisata belanja karena lokasinya dekat dengan objek wisata dan mudah diakses dengan transportasi publik. Terdapat banyak pertokoan dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menawarkan beraneka ragam produk kerajinan kepada para wisatawan. Penurunan jumlah wisatawan karena dampak pandemi COVID-19 mendorong penjual produk kerajinan di kawasan Malioboro agar semakin berorientasi dari sudut pandang konsumen. Penelitian kuantitatif deskriptif yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui penilaian wisatawan terhadap desain produk kerajinan di kawasan Malioboro. Hasil analisis data dengan skala likert menunjukan bahwa 77,5% dari 200 responden menilai produk kerajinan di Malioboro telah memiliki ciri khas Jogja. Secara lebih detail, penilaian wisatawan terhadap sampel desain produk kerajinan berupa gantungan kunci berciri khas Jogja juga mengutamakan bentuk ikonik dari seni dan budaya Yogyakarta, seperti wayang, gunungan, dan logo Kraton Yogyakarta. Wisatawan juga lebih mengutamakan desain produk dengan identitas batik pada pilihan sampel berupa dompet pensil. Indeks kepuasan wisatawan terhadap desain produk kerajinan di kawasan Malioboro mencapai 75,8% yang dapat dikategorikan baik sekali. Dengan demikian, upaya dalam meningkatkan desain kerajinan berciri khas Jogja dapat menjadi strategi pengembangan produk bagi para produsen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiaji, W., 2013, Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan 2 (2), 127-133, (https://osf.io/preprints/inarxiv/k7bgy/download diakses pada 20 April 2020)
Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (2017). Rencana Strategis Perangkat Daerah Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Tahun 2017-2022, (https://pariwisata.jogjakota.go.id/resources/download/renstra-dinas-pariwisata-kota -yogyakarta-2017-2020-18.pdf diakses pada 08 Januari 2021)
Dorojati, F. & Fajarwati, A. (2014). Strategi Penghidupan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia 3 (1), Fakultas Geografi UGM, 1-7 (http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/ jbi/article/view/586 diakses pada 10 Agustus 2020)
Nisa, A.F. & Haryanto, R., 2014, Kajian Keberadaan Wisata Belanja Malioboro Terhadap Pertumbuhan Jasa Akomodasi di Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen. Jurnal Teknik PWK, UNDIP, 1 (3), 933-948 (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/pwk/article/download/6749/6810 diakses pada 10 Desember 2020).
Salas, J., 2015, Dampak Wisata Belanja Malioboro Terhadap Ekonomi, Lingkungan dan Sosial-Budaya. Jurnal Kepariwisataan 9 (1), 1-12. (http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/93/90 diakses pada 20 April 2020).
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syakdiah, 2017, Dinamika Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Prosiding Semnasfi 1 (1) 2017, UMSIDA Sidoarjo, 225-233, (http://ojs.umsida.ac.id/index.php/semnasfi/article/download/1135/1077 diakses pada 12 Juni 2020)

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Oentoro, K., & Wiyatiningsih, W. (2021). PENILAIAN WISATAWAN TERHADAP DESAIN PRODUK KERAJINAN DI KAWASAN MALIOBORO. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 85–91. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/579