ANALISIS SENTIMEN BERBASIS NAIVE BAYES DALAM PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN UNTUK PEMASARAN PARIWISATA KREATIF
Keywords:
Analisis Sentimen, Naive Bayes, Pariwisata Kreatif, Kecerdasan Buatan, Ubud.Abstract
Ubud merupakan salah satu pariwisata kreatif yang memiliki daya tarik panorama alamnya, pusat seni, budaya dan spiritual. Dalam meningkatkan pariwisata kreatif yang akan mendukung ekonomi kreatif diperlukan pemasaran yang terarah. Analisis sentimen dengan model Naive Bayes bertujuan untuk memahami persepsi wisatawan. Evaluasi yang dilakukan menggunakan confusion matrix menunjukkan hasil optimal dengan nilai 100%. Hasil analisis sentimen diperoleh bahwa sentimen dominan bersifat netral sebesar 80%, sentimen negatif (11%) dan sentimen negatif lebih tinggi daripada sentimen positif yang memiliki nilai 9%.
Melalui analisis word cloud dapat melihat respon masing-masing jenis sentimen. Pada analisis sentimen positif mencerminkan pengalaman wisatawan yang menyenangkan dan menikmati wisata di Ubud. Berbeda dengan sentimen positif, sentimen negatif memiliki respon kekhawatiran akan pariwisata di Ubud. Melalui pemanfaatan kecerdasan buatan dalam meningkatkan pariwisata kreatif di Ubud dapat memberikan informasi, gambaran yang lebih mendalam mengenai preferensi wisatawan dan dapat membantu pengelola destinasi dalam menyusun pemasaran yang lebih efektif. Penerapan strategi berbasis kecerdasan buatan harapannya dapat dikembangkan lebih optimal untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif.
Downloads
References
W. Swesti, J. Soeprihanto, and D. Widiyastuti. “Model Pengembangan Pariwisata Kreatif untuk Mencapai Keberlanjutan di Desa Wisata Kasongan,” Jurnal Kawistara, vol. 10, no. 3, pp. 295-309. 2020.
L. Khartishvili. “Creative Tourism Development Models Towards Sustainable Tourism,” Tourism, Heritage and Creativity (THC), vol. 1, pp. 1-46. 2022.
B.M. Haidlir, B.M. Musthofa, and B.M. Mukhlish. “Analysis of Global Tourism and Creative Economy Trends to Support Jakarta as a Global City,” Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, vol. 9, no. 1, pp. 1-25. 2024.
Stetic, S., & Trisic, I. “Crises and Innovations in Tourism - Development of Creative Tourism,” ResearchGate, pp. 1-15. 2022.
A. Mishra, V.P. Vemuri, V. Tiwari, and K. Majan. “Artificial Intelligence: The Next Frontier for Marketing in the Tourism Industry,” Academy of Marketing Studies Journal, vol. 28, no. 1, pp. 1-12. 2024.
A. Nag and S. Mishra. “Revitalizing Mining Heritage Tourism: A Machine Learning Approach to Tourism Management,” Journal of Mining and Environment, vol. 15, no. 4, pp. 1193-1225. 2024.
R.A. Sitorus and I. Zufria. “Application of the Naïve Bayes Algorithm in Sentiment Analysis of Using the Shopee Application on the Play Store,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 1, pp. 53-66. 2024.
A. Ardiansyah, S. Suleman, E.A. Pratama, and N.I. Fadlilah. “Analisis Sentimen Pengguna Terhadap Aplikasi ChatGPT di Google Play Store: Penerapan Algoritma Support Vector Machine,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, pp. 247-254. 2024.
B. Setiawan. “Sentuhan Artificial Intelligence dalam Promosi Digital pada Desa Wisata di Indonesia,” IKRAITH-Humaniora, vol. 8, no. 3, pp. 90-102. 2024.
L.P.R. Sari and L. Zuraida. “Motivasi Wisatawan Mancanegara Berwisata ke Ubud, Kabupaten Gianyar,” Jurnal Kepariwisataan, vol. 18, no. 1, pp. 45-55. 2019.
D. Oktaviani, F.A. Terisha, M. Ayuni, T. Sembiring, W. Lie, and E. Yeo. “Analisis Dampak Kecerdasan Buatan dalam Peningkatan Efisiensi Pemasaran Digital di Industri E-commerce Indonesia,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi, vol. 2, no. 4, pp. 1-10. 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suprianingsih Ni Wayan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.