PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF DALAM MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V

Authors

  • Bunga Aulia Universitas Negeri Medan

Keywords:

multimedia interaktif, hasil belajar kognitif, instrumen tes, aplikasi pembelajaran

Abstract

Evaluasi hasil belajar ranah kognitif di SD Swasta Alwashliyah 80 Kisaran kelas V saat ini masih terbatas pada penggunaan instrumen tes melalui lembaran kertas. Hal ini menyebabkan kurangnya fleksibilitas dalam akses, pengolahan, penyimpanan data hasil tes dan berdampak bagi keseriusan peserta didik ketika menjawab soal tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes hasil belajar kognitif berupa tes objektif mencakup 25 soal pilihan ganda yang dapat diakses baik secara offline maupun online melalui sebuah multimedia interaktif. Multimedia interaktif pada penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang dikembangkan melalui software Adobe Animate 2021. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur database online untuk menyimpan data hasil belajar seluruh siswa yang telah mengikuti tes. Aplikasi ini sangat responsif karena dapat memperlihatkan skor dan keterangan benar atau salah setelah peserta didik memilih salah satu pilihan jawaban dari soal tes. Hal ini diharapkan dapat memudahkan guru dalam menganalisis dan memantau perkembangan peserta didik serta dapat meningkatkan motivasi keseriusan dan kekritisan peserta didik ketika menjawab tes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sudirman, Anggereni, S., Marlinda, N. L., Silalahi, E. K., Fitrian, A., Siregar, H. T., Pa, R. H. B., Azizah, N. N., Hidayat, Saputri, M., Wirda, Nasrianty, Karim, S. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan, Bandung: Open CV. MEDIA SAINS INDONESIA, 2023.

Noverdika, Y. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang”. Jurnal Literasiologi., vol. 5 No. 1, pp. 105-122. 2021.

Wirda, Y., Ulumuddin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. Faktor-Fator Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020

Pratiwi, S., Wibowo, Y. A., & Rahayu, W. Y. “Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Reward and Punishment pada Siswa Sekolah Dasar”. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 8 No. 2, pp. 329-338. 2024.

Prayitno, W. Bahan Ajar Pengenalan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 (Terintegrasi PPK, Literasi, HOTS, 4Cs). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2019.

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., Ayu, K. Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0”. Makassar: CV. Tohar Media. 2020.

Riduwan, & Sunarto. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis (IX ed.). Bandung: Alfabeta. 2013.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Aulia, B. (2025). PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF DALAM MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 8, 64–71. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/957