EFEKTIVITAS PELAYANAN APARATUR TERHADAP MASYARAKAT DI DESA BUNGENG KECAMATAN BATANG KABUPATEN JENEPONTO

Authors

  • Mansur Mansur Universitas Negeri Makassar
  • Rifdan Rifdan Universitas Negeri Makassar
  • Manan Sailan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintah Desa

Abstract

Pelayanan publik sangatlah penting, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik. Pelayanan dalam bentuk barang publik dapat berupa fasilitas-fasilitas yang menunjang kehidupan masyarakat seperti jalan raya, air bersih, telepon umum dan lain sebagainya. Semakin tinggi kualitas pelayanan dalam bentuk barang publik, maka kehidupan masyarakat akan baik artinya tidak ada masalah yang menghambat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sementara pelayanan dalam bentuk jasa sangat dibutuhkan masyarakat seperti pelayanan pendidikan serta penyelenggaraan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan di Desa Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto dengan menggunakan tipe deskriptif kualitatif. Sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek Tangibles masih perlu penambahan unit termasuk Komputer dan Printer. Pada aspek Realibility, masih perlu di tingkatkan kecepatan pegawai dalam memberikan pelayanan. Pada aspek Assurance, masyarakat menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Pada aspek Empathy, juga pada umumnya masyarakat menyatakan puas atas pelayanan aparat di tinjau dari keramahan dan kesopanan pegawai. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan aparatur terhadap masyarakat di Kantor Desa Bungeng adalah Pegawai di Kantor Desa Bugeng memiliki kapasitas dan etos kerja yang tinggi dan para pegawai mampu memilki konsistensi agar tetap professional dalam bekerja.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintah Desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, Gunawan. 2003, Analisis Consumer Decision Model Untuk Pengukuran Efektivitas Periklanan, Jurnal Ilmiah “Manajemen dan Bisnis” Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Agung Kurniawan, 2005. Transformasi Pelayanan Umum. Yogyakarta : Pembaharuan Effendy. 2003 Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandara, 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta
: ANDI

Freddy, Rangkuti, 2006. Teknik Mengukur dan Startegi Meningkatkan kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP AMP YKPN. Makmur (2011), Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, cetakan pertama,
Bandung, Penerbit : Refika Aditama.

Mardiasmo, 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : ANDI Moenir, 1995. Manajemen pelayanan umum. Jakarta: PT. Bumi Askara
………, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sedarmayanti, 2000. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk menghadapi Perubahan Lingkungan. Bandung : Masdar Maju.
……………., 2004. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Maju Mundur.
Siagian. P. Sondang (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara Sianipar, J.P., 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta : Lembaga Administrasi
Negara.
Sinambela L. Poltak, (2008) Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan dan Implementsi, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sumarsan, Thomas, (2013). Sistem Pengendalian Manajemen, Edisi pertama, Jakarta, Indeks.
Tangklisan, Nogi Hessel. 2005. Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.
Wisnu UR, D dan Nurhasanah, S. 2005. Teori Organisasi Struktur dan Desain. Malang
: UMM Press.
SUMBER-SUMBER LAIN
Undang - Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Mansur, M., Rifdan, R., & Sailan, M. (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN APARATUR TERHADAP MASYARAKAT DI DESA BUNGENG KECAMATAN BATANG KABUPATEN JENEPONTO. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 7, 277–292. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/829