PENINGKATAN DAYA SAING KAMPUNG LONTONG MELALUI DIGITALISASI DAN PENGUATAN KELEMBAGAAN
Keywords:
umk, kampung lontong, pemasaran, akuntansi, digitalAbstract
Dalam menghadapi Era Industri 5.0, Paguyuban pengrajin Lontong Surabaya, belum menyiapkan metode cara ataupun sistem produksi, pemasaran, keuangan, kelembagaan dan networking yang diperlukan dalam Era 5.0, Sistem Produksi masih manual tidak banyak sentuhan tehnologi dalan proses produksi, dalam sistem Pemasaran, mereka masih menjalankan pemasaran secara offline dan tradisional, untuk manajemen Keuangan masih menggunakan pencatatan secara tradisonal / bahkan tidak memakai pencatatan keuangan, untuk kelembagaan belum diberdayakan secara efektif dalam membantu mempermudah usaha anggota, sedangkan untuk networking masih kurang karena mereka masih belum bisa menjadi supply chain bagi industri-industri yang lebih besar (bisnis catering, supplier bagi hotel & restoran besar). Dari permasalahan-permasalahan mitra Paguyuban Perajin Lontong Kampung Lontong, Kelurahan Kupang Krajan Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya yang terangkum di tersebut di atas setelah disesuaikan dengan anggaran, output dan waktu maka dipilih permasalahan pemasaran, keuangan dan kelembagaan yang akan dicarikan solusi dalam pengabdian masyarakat disini. Target capaian adalah terselenggaranya pelatihan, praktek hasil pelatihan dan pengrajin lontong mendapatkan hasil dari praktek digital marketing, akuntansi dan keuangan digital serta berfungsinya wadah kelembagaan sebagai sarana mempermudah/fasilitator bisnis anggota paguyuban pengrajin lontong.
Downloads
References
Kota Surabaya (2021), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surabaya Tahun 2021 - Tahun 2026.
Kota Surabaya (2021), ILPPD Kota Surabaya Tahun 2021.
Law, J (2009 ),A Dictionary of Business and Management .Oxford University Press. http://www.oxfordreference.com/views/ENTRY.html. subview-Mainentry-t18.e1333>
Momaya, K (1998) “Evaluating International Competitiveness at the Indu stry Level”, Vikalpa, vol 23, No. 2, April-June.
Sekaran,Uma (1992).”Research Methods for Business : A Skill Building Approach” ,2nd edition, John Willey & Sons inc, New York ,USA
Shee, H (2002) “Competitiveness through Technological Excellence: A Case of Indian Software Industry”, A Doctoral Research, Dept. of Management Studies, IIT Delhi India.
Szerb, L and S. Terjesen (2010), “Measuring The Competitiveness of Small Business”, http://www.kmu.unisg.ch/rencontres/Renc2010/Topics_2010.
Tambunan (2008), “Ukuran Daya Saing Koperasi dan UMK”, http://www.kadin-indonesia.or.id/enm/images/dokumen/KADIN-98-3000-21072008.pdf.