PENGARUH PELANGGAN E-COMMERCE TERHADAP OPTIMALISASI SISTEM OMNICHANNEL BAGI MERCHANT E-COMMERCE

  • Dira Anjania Rifani President University
  • Genoveva Genoveva President University
Keywords: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan, Niat Untuk Menggunakan

Abstract

Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia, sehingga memunculkan banyaknya pesaing di dalam platform bisnis online tersebut. Namun disamping itu banyak pelanggan dan merchant yang menunggu ekosistem e-commerce menjadi stabil untuk mereka dapat berpartisipasi. Hal ini disebabkan karena merchant membutuhkan sebuah strategi yang dapat mengintegrasikan sumber daya offline dan online pada penjualan mereka. Sedangkan konsumen di Indonesia menuntut adanya pengalaman berbelanja yang seamless di setiap platform. Lalu muncul konsep omnichannel, yang dimana konsep ini memungkinkan merchant untuk dapat mengintegrasikan channel-channel nya dalam satu sistem. Dan juga teknologi omnichannel didesain untuk memberikan pengalaman berbelanja yang maksimal bagi konsumen. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pelanggan e-commerce untuk menggunakan e-commerce yang dipengaruhi oleh optimalisasi sistem omnichannel yang digunakan oleh merchant ecommerce. Penelitian ini didukung dengan menggunakan metode kuantitatif. Yang dimana penelitian ini tertuju pada populasi yaitu pelanggan e-commerce dan sampel pernah berbelanja online di e-commerce serta berdomisili di JABODETABEK, melalui penyebaran kuesioner online mendapatkan 179 responden. Dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan melalui persamaan analisis jalur dan test sobel. Serta hasil penelitian ini ditemukan bahwa persepsi manfaat tidak berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan melalui kepercayaan pelanggan. Dan ditemukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan melalui kepercayaan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dira Anjania Rifani, President University

School of Business

References

Agustino, L., Ujianto, & Yousida, I. (2021). PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET DENGANKEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA E-WALLET DI KOTA BANJARMASIN. KUMPULAN INFORMASI DAN ARTIKEL ILMIAH MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 17(3), 401 - 422. https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/kindai/article/view/631
Amri, A. I. S., Hasbullah, H., & Tan, M. I. (2019, Agustus). MINAT KONSUMEN MEMBELI PRODUK ONLINE SHOP DITINJAU DARI KEPERCAYAAN KONSUMEN. Jurnal PROKSI (Jurnal Program Vokasi Ekonomi & Bisnis), 2(2), 26 - 34. https://repository.unja.ac.id/16959/1/4.%20Artikel%20Adi%20Ikhsan%20%28halaman%2026-34%29.pdf
Aohan, L., & Min, Z. (2018, Januari). RESEARCH ON OMNI-CHANNEL BUSINESS MODEL OF RETAIL ENTERPRISE. Multidisciplinary Inclusive Education, Management and Legal Services (MIEMLS), 1(1), 61 - 63. https://www.researchgate.net/publication/327502703_RESEARCH_ON_OMNI-CHANNEL_BUSINESS_MODEL_OF_RETAIL_ENTERPRISE
Arianto, A., Muhtarom, A., Ismail, H. B., Ruswaji, R., & Mahmudah, H. (2018). DETERMINASI PELATIHAN, MOTIVASI, GAJI, DAN KOMPENSASI UNTUK PRODUKSI (STUDI KASUS PADA CV ANUGRAH WALET INDONESIA). Sentralisasi, 7(2), 1 - 10. http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/sentralisasi/article/view/150
Azizah, L., Supandi, & Waluyo, S. (2019). Electronic Commerce (E-Commerce) Dalam Perspektif Ekonomi Pertahanan. Jurnal Ekonomi Pertahanan, 5(2), 275 - 296. https://jurnalprodi.idu.ac.id
Chanthasaksathian, S., & Nuangjamnong, C. (2021). Factors Influencing Repurchase Intention on e-Commerce Platforms: A Case of GET Application. International Research E-Journal on Business and Economics, 6(1), 28 - 45. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/aumitjournal/article/view/5312
Dewi, K. I. K., & Genoveva. (2018). THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN CREATING CUSTOMER AWARENESS FOR EVENT MARKETING SOCIAL MEDIA WEEK JAKARTA 2017. Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VIII, 472 - 481. https://www.researchgate.net/profile/Genoveva-Genoveva/publication/339324280_THE_ROLE_OF_SOCIAL_MEDIA_IN_CREATING_CUSTOMER_AWARENESS_FOR_EVENT_MARKETING_SOCIAL_MEDIA_WEEK_JAKARTA_2017/links/5e4b60f3a6fdccd965aeefea/THE-ROLE-OF-SOCIAL-MEDIA-IN-CREATING-CUST
Febriani, R. (2022, July 20). Apa Itu Merchant? Ini 7 Jenis Produknya Yang Harus Diketahui. SIRCLO Store. Retrieved September 10, 2022, from https://store.sirclo.com/blog/jenis-produk-merchant/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2e Edition USA: Sage.
Irvania, V. A., Udayana, I. B. N., & Fadhilah, M. (2022). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, TRUST DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION PENGGUNA SHOPEE. JURNAL AKMENIKA, 19(1), 622 - 630. https://journal.upy.ac.id/index.php/akmenika/article/view/2644
Kenesei, Z., Asvanyi, K., Kokeny, L., Jaszberenyi, M., Miskolczi, M., Gyulavari, T., & Syahrivar, J. (2022). Trust and perceived risk: How different manifestations affect the adoption of autonomous vehicles. Elsevier : Transportation Research Part A, 164, 379 - 393. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0965856422002269
Krisnanto, A., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 74 - 80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/30906
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020, Maret). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN SECURITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GOPAY PADA GENERASI X DI SURABAYA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19 - 29. https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/22913
Laora, S. E., Hidayati, T., & Asnawati. (2021). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness tehadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer trust. KINERJA JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN, 18(2), 304 - 313. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/8356/1292
Lidwina, A. (2021, June 4). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Databoks. Retrieved September 10, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia
Lubis, R. A., & Khairani, N. (2019). ANALISIS JALUR MODEL TRIMMING UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM PEMBELIAN OLI YAMALUBE. KARISMATIKA, 5(3), 41 - 50. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jmk/article/view/23385
Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV MITRA PERKASA UTOMO. AGORA, 7(1), 1 - 5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7800/7033
Mardiana, N. Y., Utomo, N. A., & Amaliah, Y. R. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Easy of Use terhadap Efektifitas Perusahaan di Jabodetabek. Jurnal Ekonomika, 6(1), 1 - 10. https://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/660
Mustajibah, T., & Trilaksana, A. (2021). DINAMIKA E-COMMERCE DI INDONESIA TAHUN 1999-2015. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 10(3), 1 - 9. https://ejournal.unesa.ac.id
Naufaldi, I., & Tjokrosaputro, M. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Trust terhadap Intention To Use. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 715 - 722. https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/9584
Nurlela. (2021). E-Commerce, Solusi di Tengah Pandemi COVID-19 Jurnal Simki Economic. Jurnal Simki Economic, 4(1), 48-56. https://jiped.org
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA DALAM ESTIMASI PRODUKTIVITAS TANAMAN PADI DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 117 - 128. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/3333
Pebriani, D., & Oktarina, N. (2018). PENGARUH DISIPLIN, FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 568 - 583. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28276
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR PT. DUA KUDA INDONESIA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1), 38 - 47. https://journal.universitassuryadarma.ac.id
Putra, A. F. E., Hartono, & Verlandes, Y. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, CUSTOMER TRUST, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA MOBILE APPLICATION PROFITS ANYWHERE (Studi Pada Nasabah PT Phintraco Sekuritas Surabaya). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 699 - 712. https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/2834/1953
Putra, D. A. (2019). Mayoritas Kue E-commerce Masih Dinikmati Masyarakat Jabodetabek. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/uang/mayoritas-kue-e-commerce-masih-dinikmati-masyarakat-jabodetabek.html
Putri, R. R. S., & Iriani, S. S. (2021). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI TOKOPEDIA MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 708 - 722. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/13209
Rahmadani, N., & Purnamasari, I. R. (2021). PENGARUH TRUST DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP INTENTION TO USE PADA PENGGUNA SHOOPEPAY. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 253 - 256. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/535
Saidani, B., Aditya, S., & Manalu, I. F. (2022). Pengaruh Perceived Security dan Perceived Ease of Use terhadap Intention to Use Dengan Trust sebagai Intervening pada Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(1), 186 - 197. http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/654/371
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. JURNAL SIMETRIK, 11(1), 432 - 439. https://ejournal-polnam.ac.id
Setiawati. (2021). ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BEI. Jurnal Inovasi
Penelitian, 1(8), 1581 - 1590. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/308
Silaen, S. (2018). Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Sindarta, F., & Santoso, T. (2022). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP INTENTION TO USE MELALUI PERCEIVED USEFULNESS APLIKASI PEMUTAR MUSIK SPOTIFY DI KALANGAN PENGGUNA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID. AGORA, 10(1), 1 - 9. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12071
Siregar, A., & Rusmewahni. (2020, Agustus). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE SHOPPING, KEPERCAYAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE. JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS, 1(2), 85 - 92. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/article/view/7163/4489
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN BISNIS ONLINE. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1), 71-75. https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/331/171
Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4), 670 - 680. https://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/590
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2019). STATISTIKA untuk PENELITIAN. SUKABUMI: ALFABETA,CV.
Suriansha, R. (2021). OMNICHANNEL MARKETING. Journal of Economics and Business UBS, 10(2), 214 - 227. https://jurnal.ubs-usg.ac.id/index.php/joeb
Sutjiadi, K. P., Yulia, & Wahyudi, K. (2022). APLIKASI OMNI-CHANNEL UNTUK PENGATURAN MULTI-CHANNEL ORDER MANAGEMENT DI TOKO KYUUDEN. JURNAL INFRA, 10(2), 1 - 5. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/12815
Syamsiah, D. (2021, Juni). KAJIAN TERKAIT KEABSAHAN PERJANJIAN E-COMMERCE BILA DITINJAU DARI PASAL 1320 KUHPerdata TENTANG SYARAT SAH PERJANJIAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 327 - 332. https://stp-mataram.e-journal.id
Tanujaya, A. (2020). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI M-TIX DI SURABAYA. AGORA, 8(2), 1 - 12. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10586
Trihutama, R. P. (2018). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Trust Terhadap Behavioral Intention to Use (Studi Pada Pengguna Go-Pay Layanan Go-Jek). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2), 1 - 15. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1597228
Wahyudi, W., Mukhsin, M., & Nupus, H. (2021). Meningkatkan Intention To Use Aplikasi Mobile JKN Melalui Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Use Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile JKN Segmen Pekerja Penerima Upah Ba. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 5(1), 98 - 116. https://jurnal.untirta.ac.id
Wakhida, U. I., & Sanaji. (2020). PERAN PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED RISK SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN EWOM NEGATIF TERHADAP NIAT PEMBELIAN PARA PENGGUNA APLIKASI LAYANAN KESEHATAN HALODOC. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1158 - 1174. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/8956
Widyanto, H. A., & Kusumawardani, K. A. (2021). Predicting the Behavioral Intention to Use Mobile Payment in an Emerging Country: The Role of Trust as a Mediating Variable. The 4th International Conference on Family Business and Entrepreneurship, 139 - 150. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/ICFBE/article/view/1370
Widyanto, H. A., Kusumawardani, K. A., & Septyawanda, A. (2020). ENCOURAGING BEHAVIORAL INTENTION TO USE MOBILE PAYMENT: AN EXTENSION OF UTAUT2. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 87 - 97. https://pdfs.semanticscholar.org/d2ec/354ee53054c98b5939a7bfaa9716969b7c65.pdf
Wikanta, C., & Semuel, H. (2018). Analisis Marketing Communication, Customer Trust, Dan Customer Loyalty Pada Telkomsel. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1 - 5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/7438/0
Published
2023-03-16
How to Cite
Rifani, D., & Genoveva, G. (2023). PENGARUH PELANGGAN E-COMMERCE TERHADAP OPTIMALISASI SISTEM OMNICHANNEL BAGI MERCHANT E-COMMERCE. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 346-367. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/771
Abstract dilihat 302 kali
FULL TEXT diunduh 250 kali