PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI DESAIN KEMASAN PRODUK SAMBAL PISANG MANOORA

(STUDI KASUS: CSR PT PETROKIMIA GRESIK)

  • Aprilina Kurniawati PT Petrokimia Gresik
  • Muhammad Riefqi Putra Juliesa PT Petrokimia Gresik
  • Kadek Ardhika Widya Kresna PT Petrokimia Gresik
Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan, pemberdayaan masyarakat, desain kemasan, UMKM, branding

Abstract

Optimalisasi potensi lokal menjadi strategi pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan PT Petrokimia Gresik melalui Program Kampung Pisang Trepan. Hasil panen tanaman pisang seluas 3ha yang tersebar di Desa Trepan diolah menjadi berbagai olahan makanan, salah satunya sambal pisang. Desain kemasan dan media promosi menjadi salah satu faktor yang diperhatikan dalam peluncuran produk UMKM Desa Trepan. Metode yang digunakan adalah riset aksi partisipatoris yang menempatkan penulis sebagai katalisator sekaligus pembelajar bersama masyarakat. Metode ini melibatkan masyarakat untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses desain kemasan produk memberikan manfaat bagi masyarakat berupa peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam berinovasi, meningkatkan pendapatan hingga 70%, nilai indeks kepuasan masyarakat mencapai 91,72%, serta pencapaian status Indeks Desa Membangun menjadi desa maju pada tahun 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A, Drs.Arsyad Hakim. Nirmana Dwimatra. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press. 1984. 37-119
[2] S. Utami Rahmayanti and Sriwidodo. “Review Artikel: Tren Dan Kemajuan Terbaru Teknologi Kemasan Sediaan Farmasi”, Farmaka, vol.19, no. 01, March. 2021
[3] P. Kotler. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. 2005
[4] P. Kotler. Dasar-dasar Pemasaran Edisi II. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. 2005
Published
2023-03-16
How to Cite
Kurniawati, A., Juliesa, M. R., & Kresna, K. A. (2023). PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI DESAIN KEMASAN PRODUK SAMBAL PISANG MANOORA. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 172-178. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/763
Abstract dilihat 416 kali
FULL TEXT diunduh 211 kali