PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI DESAIN KEMASAN PRODUK SAMBAL PISANG MANOORA
(STUDI KASUS: CSR PT PETROKIMIA GRESIK)
Abstract
Optimalisasi potensi lokal menjadi strategi pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan PT Petrokimia Gresik melalui Program Kampung Pisang Trepan. Hasil panen tanaman pisang seluas 3ha yang tersebar di Desa Trepan diolah menjadi berbagai olahan makanan, salah satunya sambal pisang. Desain kemasan dan media promosi menjadi salah satu faktor yang diperhatikan dalam peluncuran produk UMKM Desa Trepan. Metode yang digunakan adalah riset aksi partisipatoris yang menempatkan penulis sebagai katalisator sekaligus pembelajar bersama masyarakat. Metode ini melibatkan masyarakat untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses desain kemasan produk memberikan manfaat bagi masyarakat berupa peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam berinovasi, meningkatkan pendapatan hingga 70%, nilai indeks kepuasan masyarakat mencapai 91,72%, serta pencapaian status Indeks Desa Membangun menjadi desa maju pada tahun 2022.
Downloads
References
[2] S. Utami Rahmayanti and Sriwidodo. “Review Artikel: Tren Dan Kemajuan Terbaru Teknologi Kemasan Sediaan Farmasi”, Farmaka, vol.19, no. 01, March. 2021
[3] P. Kotler. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. 2005
[4] P. Kotler. Dasar-dasar Pemasaran Edisi II. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. 2005
Copyright (c) 2023 Aprilina Kurniawati, Muhammad Riefqi Putra Juliesa, Kadek Ardhika Widya Kresna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.