TRANSAKSI E-COMMERCE: A BUSINESS PROCESS MODELLING

  • Madek Jeani Purnama Universitas Udayana
  • Ni Putu Sri Harta Mimba Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Maria Mediatrix Ratna Sari Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Dodik Ariyanto Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
Keywords: electronic commerce, business process, modelling, partial EC

Abstract

Pandemi Covid 19 dan perkembangan adopsi teknologi digital di Indonesia menyebabkan bertumbuhnya sektor Electronic Commerce (EC) di Indonesia secara signifikan. EC merupakan sebuah model bisnis yang memungkinkan transaksi jual beli dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli dengan memanfaatkan media Internet (online), dan proses transaksi ini tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan business process modelling yang berjalan untuk partial EC. Business process modelling memberikan organisasi atau peneliti cara sederhana untuk memahami dan mengoptimalkan alur kerja dengan membuat representasi visual berbasis data dari business process utama. Pada penelitian ini business process transaksi partial EC dengan menggunakan media sosial dan proses pembayaran transfer bank yang dilakukan secara elektronik, telah berhasil dimodelkan dengan menggunakan notasi pemodelan yang sesuai. Hasil business process modelling transaksi partial EC membuka pertanyaan penelitian baru yang akan dikembangkan di kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] B. Tang, N. L. Bragazzi, Q. Li, S. Tang, Y. Xiao, and J. Wu, "An updated estimation of the risk of transmission of the novel coronavirus (2019-nCov)," Infectious disease modelling, vol. 5, pp. 248-255, 2020.
[2] BPS, "Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021," Badan Pusat Statistik Indonesia, 2022. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
[3] C. M. Annur. "Google Prediksi E-commerce Indonesia Terus Menguat sampai 2025." https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/28/google-prediksi-e-commerce-indonesia-terus-menguat-sampai-2025 (accessed 28 Oktober, 2022).
[4] E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Electronic commerce 2018: a managerial and social networks perspective. Springer, 2018.
[5] BPS, "Statistik eCommerce 2022," 2022. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/2022/12/19/d215899e13b89e516caa7a44/statistik-e-commerce-2022.html
[6] G. Tsakalidis, K. Vergidis, G. Kougka, and A. Gounaris, "Eligibility of BPMN models for business process redesign," Information, vol. 10, no. 7, p. 225, 2019.
[7] L. Jamel, O. Saidani, and S. Nurcan, "Flexibility in Business Process Modeling to Deal with Context-Awareness in Business Process Reengineering Projects," in Enterprise, Business-Process and Information Systems Modeling: Springer, 2018, pp. 35-48.
[8] C. Pramartha and N. P. S. H. Mimba, "Udayana University International Student Management: A Business Process Reengineering Approach," ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, vol. 11, no. 2, pp. 57-64, 2020.
[9] K. Kasemsap, "The roles of business process modeling and business process reengineering in e-government," in Open Government: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications: IGI Global, 2020, pp. 2236-2267.
Published
2023-03-16
How to Cite
Purnama, M., Mimba, N. P. S. H., Sari, M. M. R., & Ariyanto, D. (2023). TRANSAKSI E-COMMERCE: A BUSINESS PROCESS MODELLING. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 266-271. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/750
Abstract dilihat 304 kali
FULL TEXT diunduh 216 kali