TEORI-TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA BISNIS

  • Surajiyo Surajiyo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Etika, Deontologis, Teleologis, Prinsip etika bisnis.

Abstract

Etika adalah cabang filsafat yang mempertimbangakan secara kritis tindakan mana yang baik atau tindakan mana yang buruk berdasarkan ajaran moral tertentu.  Etika bisnis termasuk etika profesi sehingga harus dikembangkan oleh para profesional orang-orang bisnis sendiri. Etika bisnis harus dipandang sebagai  unsur dalam usaha bisnis itu sendiri. Bisnis tanpa etika dalam jangka panjang justru tidak akan berhasil.  Studi literer dengan menggunakan metode content analysis yang dilakukan terhadap berbagai sumber kepustakaan yang ada memperlihatkan bahwa terdapat dua teori utama etika yang relevan bagi etika bisnis yakni  teori deontologis dan teori  teleologis.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlunya etika dalam berbisnis. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (library research), sehingga kajian didasarkan pada pendapat-pendapat ahli tentang perlunya etika dalam  bisnis  Etika berbisnis ini bisa dilakukan dalam segala aspek. Saling menjaga kepercayaan dalam kerjasama akan berpengaruh besar terhadap reputasi bisnis.  Tulisan ini akan membahas tentang dua teri besar dalam etika tersebut dan prinsip‐prinsip etis apakah    yang harus dilakukan oleh pebisnis  sehingga bisnis itu bisa berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas Hamami M., “Etika Keilmuan”, (1996), dalam Ali Mudhofir dkk, Filsafat Ilmu, Liberty bekerja sama dengan YP Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.
Achmad Charris Zubair, (1987), Kuliah Etika, Rajawali Pers, Jakarta.
Agoes, S. & Ardana, CI. (2017). Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.
Bekum Rafik Issa, (2004). Etika Bisnis Islami(Terjemahan Muhammad). Pustaka Belajar, Yogyakarta
Bertens, K. (2013). Pengantar Etika Bisnis. Kanisius, Jogyakarta.
Bertens, K., (1993), Etika, PT Gramedia, Jakarta.
Brooks, LJ. & Dunn, P. (2012). Etika Bisnis & Profesi untuk Direktur, Eksekutif, dan Akuntan, buku 2, diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Kanti Pertiwi, dari judul asli Business & Professional Ethics . Salemaba Empat, Jakarta.
https://dianpurnamasari1004.wordpress.com/2013/10/07/teori-etika-bisnis/ diakses Tanggal 8 Februari 2016.
https://www.jojonomic.com/blog/etika-profesi/ diakses tanggal 31 Maret 2021.
https://www.situsekonomi.com/2020/02/3-prinsip-dasar-etika-bisnis.html diakses tanggal 31 Maret 2021
Keraf, Sonny, (1998), Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya, Kanisius, Yogyakarta.
Parmono, R., (1983), “Manusia Susila merupakan Perkembangan Fitrah Manusia Sendiri”, dalam Beberapa Pemikiran Kefilsafatan, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.
Sudarminta, J., (1994), “Etika Profesi Bagi Dosen”, dalam D. Moedjanto MA, Tantangan Kemanusiaan Universal Antologi Filsafat, Budaya, Sejarah Politik dan Sastra, Kanisius, Yogyakarta, Cetakan keempat.
Sunoto, (1982), Bunga Rampai Filsafat, Yayasan Pembinaan Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.
Surajiyo, Etika Profesi bagi Dosen, Dalam Majalah WIDYA, Januari 1998, No. 148 Tahun XV.
Suseno, Frans Magnis dkk., (1991), Etika Sosial Buku Panduan Mahasiswa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Suseno, Frans Magnis, (1987), Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral, Kanisius, Yogyakarta.
Suseno, Frans Magnis. (1991), Berfilsafat Dari Konteks, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wahyono, Teguh, (2006), Etika Komputer dan tanggung jawab profesional di bidang teknologi informasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Published
2023-03-16
How to Cite
Surajiyo, S. (2023). TEORI-TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA BISNIS. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 259-265. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/745
Abstract dilihat 3290 kali
FULL TEXT diunduh 2728 kali