MENILIK VIDEO IKLAN KOMERSIL DI MASA PANDEMI DI INDONESIA

  • Noor Hasyim Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: Iklan Komersil, pandemi, video iklan

Abstract

Dilihat dari fungsinya iklan dibagi menjadi iklan komersil dan Iklan Non Komersil (Iklan Layanan Masyarakat). Setiap iklan memiliki fungsi yang berbeda namun keduanya tetap digunakan untuk menyampaikan informasi. Saat menyampaikan informasi iklan dapat menggunakan berbagai media termasuk video dalam bentuk iklan. Video iklan yang sering ditemui adalah video iklan komersil. Selama Pandemi covid-19 berlangsung video komersil tetap berlalulalang di media televisi ataupun kanal-kanal sosial media.  Sehingga perlu diketahui adakah perbedaan isi konten dari video iklan komersil yang ada dimasa pandemi dengan yang ada sebelum pandemi sehingga dapat mengidentifikasi apakah terjadi perubahan bentuk informasi yang ada dalam iklan komersil selama masa pandemi berlangsung.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi serta menggunakan studi komparasi dan analisa naratif untuk menemukan hasil penelitan. Diketahui bahwasannya terjadi perubahan isi konten iklan komersil disaat pandemi covid-19 terjadi

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Tuckwell, K. J. Integrated marketing communication: strategic planning perspective Second Edition. USA : Pearso Pretice Hall., 2008
[2] Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta : Indeks kelompok Gramedia, 2003.
[3] Kasali, Rhenald. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
[4] Sandra, Moriarty. Advertising edisi kedelapan. Jakarta : Kencana, 2011.
[5] Kotler, Philip and Keller, K. L. Manajemen pemasaran jilid 1,edisi ketiga belas. Jakarta : Erlangga, 2008.
[6] Effendy, Onong Uchyana. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
[7] Mulia, Vilya. Kajian ebahasaan Pada Iklan Cetak Di Masa Pandemi Covid-19. Widyaparwa Vol 48. 2020.
Published
2022-03-17
How to Cite
Hasyim, N. (2022). MENILIK VIDEO IKLAN KOMERSIL DI MASA PANDEMI DI INDONESIA. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 133-139. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/668
Abstract dilihat 728 kali
FULL TEXT diunduh 457 kali