GAME BASED-LEARNING: MEDIA EDUTAINMENT MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratih Nor Kartika Sari Institut Teknologi Bandung
  • Hafiz Aziz Ahmad

Keywords:

game-based learning, edutainment, matematika, merdeka belajar

Abstract

Menuju pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang sejalan dengan program Merdeka Belajar menjadi tantangan baru bagi pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran tatap muka menjadi terbatas dan siswa dituntut untuk bisa belajar secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Matematika menjadi salah satu pelajaran yang menjadi perhatian dikarenakan banyak konsep abstrak untuk dipelajari sehingga membosankan. Diperlukan suatu inovasi media edutainment seperti game-based learning yang dapat memotivasi dan memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan menganalisa aspek kebutuhan dalam game-based learning matematika untuk dijadikan bahan rekomendasi dalam inovasi pengembangan game matematika sejenis. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan DDE (Design, Dynamics, Experience) sebagai pendekatan framework dalam perbandingan mekanisme pada beberapa game matematika. Hasil menunjukkan aspek pembelajaran matematika yang disajikan ke dalam gameplay melalui unsur permasalahan konkrit dan tema petualangan memberikan pengalaman belajar menjadi lebih atraktif karena melibatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah. Melalui game-based learning, proses pembelajaran secara mandiri menjadi menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Maisa, “‘Merdeka Belajar’ Melalui Model Pembelajaran Blended Learning,” LPMPDKI.Kemendikbud.go.id, 2020. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/ (accessed Jan. 30, 2022).
[2] R. Soedjadi, Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2000.
[3] H. Khatimah, “Penerapan Model Quantum Teaching berbantuan Game pada Materi Pecahan di Kelas V SD,” Serambi Akad., vol. 26, 2017.
[4] R. Yulianti, “Permainan yang meningkatkan kecerdasan anak,” Jakarta: Laskar Aksara, 2008.
[5] A. Nurrohman, “Analisis Edugame Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” in SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2021, vol. 2, no. 1.
[6] C.-H. Chen, K.-C. Wang, and Y.-H. Lin, “The comparison of solitary and collaborative modes of game-based learning on students’ science learning and motivation,” J. Educ. Technol. Soc., vol. 18, no. 2, pp. 237–248, 2015.
[7] Y. Nazla, “pembelajaran menyenangkan pada masa pandemi dengan (GBL),” 2021.
[8] S. Hamid, “Metode Edutainment. Jogjakarta.” Diva Press, 2011.
[9] W. Setyaningrum and N. H. Waryanto, “Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?,” J. Mercumatika J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 40–56, 2017, doi: 10.26486/jm.v2i2.369.
[10] N. Oktavia, A. Sofia, L. Tyas, N. I. Khasnah, and N. R. Marfu’ani, “Pembuatan game edukasi berbasis construct 2 sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa sekolah menengah pertama,” in Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 2015, pp. 56–67.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Sari, R. N. K., & Ahmad, H. A. (2022). GAME BASED-LEARNING: MEDIA EDUTAINMENT MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 99–106. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/649