PENGEMBANGAN DESAIN KARAKTER “IKOLET” SEBAGAI ANIMASI EMOTICON TOILET UMUM

  • Atmaja Septa Miyosa Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
Keywords: Animation, Design, Icon, Emoticon

Abstract

Desain ikon yang merepresentasikan ekspresi dikenal dengan istilah emoticon. Emoticon dapat ditampilkan menjadi animasi untuk meningkatkan perhatian pengguna. Permasalahan sosial yang menjadi fokus adalah kebutuhan informasi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan toilet umum. Ide utama yaitu bagaimana mengembangkan emoticon berbentuk animasi sebagai penanda kebutuhan pengguna toilet umum. Karya bertujuan membantu pengguna toilet untuk mengetahui jumlah antrian di toilet umum. Metode penciptaan menggunakan konsep Research and Development. Hasil penciptaan berupa desain karakter animasi bernama “Ikolet“ dengan beberapa alternatif bentuk dan warna sebagai pembeda makna. Kesimpulan menunjukkan bahwa desain karakter “Ikolet“ dapat dilanjutkan pada penelitian berikutnya sehingga dapat ditampilkan pada layar elektronik di dalam kamar toilet umum dan berpotensi bisnis di bidang fasilitas publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yananda, M. Rahmat & Ummi S. 2014. Branding Tempat : Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta, Makna Informasi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Thorne, Russ. 2016. Emojipedia. London, Weldon Owen Publishing.
Black, Alison. 2017. Information Design Research and Practice. London, Routledge.
Daily, I. P. 2011. Bathroom Signs: Weird, Wacky and Sometimes Warped Places to Find Relief. United States: Charlesbridge Publishing, Incorporated.
Purwaningsih, D.A. 2017. Character Design in Indonesian Animated Series: Escaping The Shadow of Foreign Hegemony. ULTIMART:Jurnal Komunikasi Visual. Vol 9 No 2, 48-60. DOI: https://doi.org/10.31937/ultimart.v9i2.751.
Ekawardhani, Y.A, Imam S, Haiz A, Irfansyah. 2020. Modification of Visual Characters in Indonesia Animation Film. HARMONIA : Journal of Arts Research and Education, 20 (2), 167-175. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v20i2.22556
Molotch, H. Laura N. 2010. Toilet: Public Restrooms and the Politics of Sharing. United Kingdom: NYU Press.
Benenson, F. 2016. How to Speak Emoji. United States: Andrews McMeel Publishing.
Danesi, M. 2016. The Semiotics of Emoji: The Rise of Visual Language in the Age of the Internet. United Kingdom: Bloomsbury Publishing.
Boloor, Adith J. Samarth S. Utsav S, Marco S. 2016. Arduino : Building Exciting LED Based Projects and Espionage Devices. UK : Packt Publishing.
Freeman, Heather D. 2017. The Moving Image Workshop. London : Bloomsbury Publishing.
Mola, Francesc Z. 2013. Public Toilet Design : From Hotels, Bars, Restaurants, Civic Buildings and Businesses Worldwide. New York : Firefly Books Ltd.
Published
2022-03-17
How to Cite
Miyosa, A. (2022). PENGEMBANGAN DESAIN KARAKTER “IKOLET” SEBAGAI ANIMASI EMOTICON TOILET UMUM. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 81-88. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/645
Abstract dilihat 585 kali
FULL TEXT diunduh 380 kali