KONSEP PEMAKNAAN DESAIN RUPA SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN PADA KRIYA KALUNG KREASI MOTIF TRADISIONAL BERBAHAN LIMBAH PLASTIK TEBAL BAGI PENGEMBANGAN PELAKU SENI DAN UMKM DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Authors

Keywords:

Pemaknaan Desain Rupa,  Kriya Kalung Kreasi Motif Tradisional, Limbah Plastik Tebal, Pelaku Seni dan UMKM

Abstract

Abstrak

 

Melihat dari permasalahan belum adanya suatu konsep pemaknaan desain rupa pada kriya kalung Kreasi Motif Tradisional berbahan limbah plastik tebal sebagai suatu daya tarik Konsumen pada masa Pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu penggalian makna dalam konsep desain rupa kriya kalung kreasi motif tradisional berbahan limbah plastik tebal yang dapat menjadi daya tarik konsumen yang akan menjadi pengembangan usaha bagi pelaku seni dan UMKM. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang didasarkan pada pengumpulan data literatur dan informasi dalam menganalisis secara Semiotika dalam menguraikan pemaknaan kriya kalung sebelum dianalisis dalam konsep rupa berdasarkan estetika dan artistik bentuk yang kemudian diproses dalam pembuatan kalung. Hasil yang didapat adalah sebuah Karya Kriya kalung kreasi motif tradisional baru yang memiliki pemaknaan rupa sebagai daya tarik bagi konsumen dapat mengembangkan usaha bagi pelaku seni dan UMKM sehingga mampu meningkatkan perekonomian rakyat dimasa Pandemi Covid-19. Kesimpulanya sebuah Konsep pemaknaan rupa pada kriya kalung motif tradisional berbahan limbah plastik tebal sebagai daya tarik komsumen yang dapat menjadi suatu pengembangan bagi pelaku seni dan UMKM.

 

 

Kata Kunci : Pemaknaan Desain Rupa,  Kriya Kalung Kreasi Motif Tradisional, Limbah Plastik Tebal, Pelaku Seni dan UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wisnu Indra Kusumah, Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal

Sebagai Penulis ke 2 Jabatan Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (Institut Sains dan Teknologi Al Kamal)

R. Widyo Wibisono T, Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal

Sebagai Penulis 3 Jabatan Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (Institut Sains dan Teknologi Al Kamal)

References

[1] Robinson Situmorang dan Retno Widyaningrum, Prinsip Desain Pesan, 1st ed. Banten: Universitas Terbuka, 2019.
[2] Kemenparekraf Biro Komunikasi, “Jumpa Pers Akhir Tahun (JAPT) TA 2021 ‘Bersama Lebih Kuat, Bersama Lebih Hebat,’” 2021.
[3] T. P. PS, Penanganan dan Pengelolaan Sampah. Jakarta: Penebar Swadaya, 2008.
[4] D. Nur Indra Kusumawati, W. Wibisono, and K. Wisnu Indra, “Making of nusantara decorative motif creations necklace based on hdpe on type plastic waste,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 909, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/909/1/012043.
[5] N. Dantes, Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2012.
[6] Sri Fadhilah Utami, “7 Simbol dan Jenis Plastik Yang Kamu Ketahui,” Zero Waste Indones., 2019, [Online]. Available: https://zerowaste.id/knowledge/simbol-dan-jenis-plastik/, 2019. .
[7] Sumbo Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2013.
[8] S. Yoyok RM, Pendidikan Seni Budaya, 1st ed. Jakarta: Yudistira, 2007.
[9] Sri Julianti, The Art Of Packaging, 2nd ed. Jakarta: PT. Gramedia, 2018.
[10] Rakhmat Supriyono, Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi, 1st ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.
[11] S. S. Nanang Wahyudi, Mantra Kemasan Juara Bukan Sekedar Bungkus-bungkus. Depok: PT. Alex Media Komputindo, 2016.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Wibisono T, R. W. (2022). KONSEP PEMAKNAAN DESAIN RUPA SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN PADA KRIYA KALUNG KREASI MOTIF TRADISIONAL BERBAHAN LIMBAH PLASTIK TEBAL BAGI PENGEMBANGAN PELAKU SENI DAN UMKM DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 53–63. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/640