SELF SUSTAIN KITCHEN: DAPUR MASA DEPAN

Dapur yang Menggunakan Energi dari Aktivitas dan Limbah

Authors

  • Valentine Vallery Haryanto Mahasiswa S1
  • Angeline Christie Soetanto Universitas Kristen Petra Surabaya

Keywords:

dapur, mandiri, ramah lingkungan, berkelanjutan

Abstract

Para ahli memperkirakan bahwa beberapa tahun kedepan akan terjadi ledakan penggunaan energi. Alhasil persediaan energi yang disediakan oleh alam ini untuk manusia akan menurun drastis atau bahkan habis. Oleh karena itu, kami sebagai penghuni Bumi harus segera mengambil tindakan untuk menanggapi permasalahan ini. Dalam ranah desain interior, ada beberapa hal yang dapat kami lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat desain yang berkelanjutan dan tentunya ramah lingkungan. Dapur mandiri adalah dapur yang didesainnya disesuaikan untuk 2030. Sesuai dengan namanya, dapur ini dapat menghasilkan energi yang berasal dari aktivitas dan limbah dapur sehingga energi yang dihasilkan oleh dapur mandiri dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi oleh manusia. Dapur mandiri ini memiliki empat sistem yang merupakan pengaplikasian konsep dapur mandiri demi menciptakan dapur yang mendiri, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2007, Perlu Ditumbuhkan, Kesadaran Cadangan Energi Indonesia Terbatas, [online], (https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/perlu-ditumbuhkan-kesadaran-cadangan-energi-indonesia-terbatas), diakses tanggal 10 Maret 2021 )
Anonim, 2021, Glass Recycling Facts, [online], (https://www.gpi.org/glass-recycling-facts), diakses tanggal 14 Maret 2021 )
Alim, M. F., 2019, Konsep dan Manfaat Akuaponik, [online], (http://kmc.tp.ugm.ac.id/kms/konsep-dan-manfaat-aquaponik/), diakses tanggal 13 Februari 2021 )
Oswald, T., 2014, Solar Energy that Doesn’t Block The View, [online], (https://msutoday.msu.edu/news/2014/solar-energy-that-doesnt-block-the-view/), diakses tanggal 13 Maret 2021 )

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Haryanto, V. V., & Christie Soetanto, A. (2021). SELF SUSTAIN KITCHEN: DAPUR MASA DEPAN: Dapur yang Menggunakan Energi dari Aktivitas dan Limbah. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 242–249. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/619