PERANAN MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NON FORMAL UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PADA MASA PANDEMI COVID-19.

Authors

  • Sri Agung Pranoto UNIVERSITAS SEBELAS MARET
  • Adam Wahida Universitas Sebelas Maret
  • Edi Kurniadi Universitas Sebelas Maret

Keywords:

manajemen, pendidikan, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan dokumentasi, studi pustaka yang berupa jurnal penelitian untuk menghimpun informasi yang relevan  bertujuan menelaah, mengidentifikasi dan memahami ekistensi pendidikan non formal menghadapi tantangan di masa pandemi Covid-19. Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahasan ini adalah bagaimana menyususun strategi  manajemen pengelolaan yang tepat untuk memepertahanan esksistensi dan menghadapi pandemic Covid -19. Pandemi covid 19 mempengaruhi semua bidang tidak terkecuali dunia pendidikan. Banyak lembaga pendidikan non formal yang tutup akibat terhentinya proses pembelajaran pada lembaga, hal ini menyebabkan lembaga pendidikan non formal di tuntut berinovasi untuk menjaga esistensi agar tetap bertahan dalam bisnis pendidikan dimasa pandemi covid- 19. Strategi manajemen tentunya menjadi salah satu faktor untuk mengatasi kondisi saat ini melalui perencanaan pogram yang disesuaikan dengan ondisi pandemi, pelaksanaan pogram yang di selaraskan dengan perencanaan pogram, pengorganisasian dan pengawasan program agar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan,MS & Simarmata,Janner & Sudirman, Acai, 2019,. Elearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Ivancevich, J.M., dan Matteson, M..T, 2002, Organizational Behaviour and Management. Singapore: Irwin/McGraw-hill.
Kaufmann, K., 2015, Non-Formal Education in International Comparison: Patterns of Participation and Investment in Selected European Countries. International Journal for Research in Vocational Education and Training (IJRVET) Vol. 2, No. 4: 239-267.
Malyana, A., 2020., Pelaksanaan Pembelajaaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Seolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Pendagoia, 2 (1) 67-76.
Sugiyono., 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryono, Y.,2008, Politik pendidikan nonformal dalam membangun masyarakat belajar yang demokratis. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Terry, George R & Rue, Leslie W. Rue, 2010, Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Pranoto, S. A., Wahida, A., & Kurniadi, E. (2021). PERANAN MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN NON FORMAL UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PADA MASA PANDEMI COVID-19. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 374–379. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/614