PENERAPAN TEKNIK SURFACE DESAIN MENGGUNAKAN BENANG EMAS PADA KAIN BATIK UNTUK MEMBERIKAN KESAN MEWAH

Authors

  • Novita Ekarini Balai Besar Kerajinan dan Batik
  • Tin Kusuma Arta Balai Besar Kerajinan dan Batik

Keywords:

Desain Permukaan, motif hiasan, sulam, batik, prada

Abstract

Batik adalah kerajinan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang bernilai seni tinggi. Pada zaman dahulu untuk memberikan kesan mewah pada kain batik maka diberikan sentuhan warna prada. Prada atau prodo dalam bahasa jawa berarti emas. Dahulu prada menggunakan lembaran emas yang dipotong kecil-kecil lalu ditempel pada kain. Kain batik prada ini hanya digunakan oleh anggota kerajaan karena harganya yang mahal. Batik yang menggunakan prada akan memiliki kesan mewah. Uji coba penelitian ini memiliki tujuan untuk menambah nilai – nilai keindahan pada kain batik yang telah jadi sehingga berkesan mewah dan juga untuk mengetahui bagaimana visualisasi produk batik dengan penambahan desain permukaan menggunakan teknik sulam lekat benang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui eksperimen, observasi dan kepustakaan. Dari uji coba penerapan teknik desain permukaan dapat divisualisasikan produk batik dengan aplikasi benang emas yaitu produk jadi tas genggam dan masker serta visualisasi produk fesyen dengan aplikasi affinity designer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSN. (2014). SNI 0239:2014 Batik - Pengertian dan Istilah. Badan Standarisasi Nasional.
Djoemena, N. S. (1990). Ungkapan Sehelai Batik : Its Mystery and Meaning. Djambatan.
Marlianti, M., & Handayani, W. (2017). Klasifikasi Teknik Stiching sulaman Sebagai Surface Design Tekstil. Jurnal Senirupa (ISBI) Bandung, 5(1), 1–10. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/349
Nur Adya, P., & Astuti. (2020). Pembuatan Surface Design pada Busana Ready to Wear dengan Teknik Sashiko. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 8(1), 62–69. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/24065
Susanto, S. (1980). Seni Kerajinan Batik Indonesia (I). Balai Besar Kerajinan dan Batik.
Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Folio, Vol.1. No.1,1–9. https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Ekarini, N., & Arta, T. K. (2021). PENERAPAN TEKNIK SURFACE DESAIN MENGGUNAKAN BENANG EMAS PADA KAIN BATIK UNTUK MEMBERIKAN KESAN MEWAH. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 331–336. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/607