VIDEO MUSIK BOYBAND BTS SEBAGAI BENTUK PERLAWANAN TERHADAP TOXIC MASCULINITY

Authors

  • Desak Putu Yogi Antari Tirta Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Appearance Language, Music Videos, Boyband, K-Pop, Masculinity

Abstract

Masculinity is an identity category that refers to a number of cultural characteristics associated with being a man. Masculinity is a discrusive and performative construction that both describes and limits the cultural meaning of being a man. Korean Pop or K-Pop is a type of popular music originating from South Korea. K-pop present through Music Video (MV). Music video are an attempt to interpret a work of art into visual media as a medium to promote a music group, used as an entertainment interlude and can be used as a means of resistance to something.

A music video consists of several elements, one of which is the language of appearance which relates to the visualization of the musician's character, background music to their physical profile. The K-Pop Boybands music video visually presents different perspective to the male image, which tends to portray men away from being masculine and even closer to feminine. K-Pop boyband members in the music video also appear to dance with flexible movements and show the closeness between members that creates an impression of romance. The language of appearance in Boyband K-Pop music videos can be seen as a means of resisting the traditional concept of masculinity.

Keywords: Appearance Language, Music Videos, Boyband, K-Pop, Masculinity

Maskulinitas merupakan kategori identitas yang merujuk pada sejumlah ciri khas budaya yang diasosiasikan dengan menjadi seorang laki-laki. Maskulinitas adalah suatu konstruksi diskrusif dan performatif yang mendeskripsikan sekaligus membatasi makna kultural menjadi seorang laki-laki. Korean Pop atau K-Pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. K-pop hadir salah satunya melalui video musik atau Music Video (MV). Video musik adalah sebuah upaya menginterpretasikan sebuah karya seni ke dalam bentuk media visual sebagai media untuk mempromosikan grup musik yang akan digunakan pula sebagai selingan hiburan dan bisa dijadikan sebagai alat perlawanan terhadap suatu hal.

Video musik terdiri atas beberapa unsur dimana salah satunya adalah bahasa penampilan yang berhubungan dengan visualisasi karakter pemusik, latar belakang musik hingga profil fisiknya. Video musik Boyband K-Pop secara visual menghadirkan perspektif berbeda bagi image laki-laki, yang cenderung menampilkan laki-laki dengan menjauh dari kesan maskulin bahkan tampak mendekati feminin. Anggota Boyband K-Pop dalam video musik juga tampil menari dengan gerakan yang luwes serta menunjukkan kedekatan antar angota yang menimbulkan kesan romantisme. Bahasa penampilan dalam video musik Boyband K-Pop dapat dipandang sebagai sebuah alat perlawanan terhadap konsep maskulinitas tradisional.

Kata Kunci : Bahasa Penampilan, Video Musik, Boyband, K-Pop, Maskulinitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir, Hatib., 2007, ‘Tangan Kuasa dalam Kelamin : Telaah Homoseks, Pekerja Seks dan Seks Bebas di Indonesia’, Yogyakarta : INSISTPress. [Jenis ref : Buku]
Barker, Chris., 2014, ‘Kamus Kajian Budaya’, Yogyakarta : Penerbit PT Kanisius. [Jenis ref : Buku]
Fiske, John., 2011, ‘Memahami Budaya Populer’, Yogyakarta : Jalasutra. [Jenis ref : Buku]
Frith, Simon., Goodwin, Andrew., & Grossberg, Lawrence., 1993, ‘Sound and Vision : the music video reader’, New York : Routledge Inc. [Jenis ref : Buku]
Fromm, Erich., 2011, ‘Cinta, Seksualitas, dan Matriarki : Kajian Komprehensif tentang Gender’, Yogyakarta : Jalasutra. [Jenis ref : Buku]
Goodwin, Andrew., 1956, ‘Dancing in the distraction factory : music television and popular culture’, United States of America : University of Minnesota Press [Jenis ref : Buku]
Storey, John., 2006, ‘Pengantar Komprehensif Teori dan Metode Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop’, Yogyakarta : Jalasutra. [Jenis ref : Buku]

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Yogi Antari Tirta Yasa, D. P. (2021). VIDEO MUSIK BOYBAND BTS SEBAGAI BENTUK PERLAWANAN TERHADAP TOXIC MASCULINITY. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 23–31. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/571