DESAINER DALAM MENGHADAPI RAGAM DIMENSI MEDIA DAN TAMPILAN DALAM PERANCANGAN KOMUNIKASI DIGITAL

Authors

  • Angga Maha Putra Dosen

Keywords:

Desainer, Media, Ruang, Digital

Abstract

Desainer melalui kreativitasnya menciptakan karya komunikasi visual yang disajikan dalam berbagai media. Perkembangan media yang berawal dari ruang fisik mengalami pergeseran ke ruang digital. Ruang fisik yang dapat dimanfaatkan secara keseluruhan maupun sebagian dalam penuangan karya komunikasi visual, berbeda dengan ruang digital yang memiliki ruang dengan ragam dimensi dan tampilan. Desainer dituntut untuk dapat mengikuti dimensi yang telah disediakan secara keseluruhan guna menciptakan pesan melalui komunikasi visual. Mengikuti ragam dimensi yang diberikan oleh media digital, tidak menjadi solusi absolut dari berbagai keunikan yang dihadirkan oleh platform/channel melalui media sosial, dan layanan mesin pencari yang menawarkan jasa periklanan digital. Perkembangan kecerdasan kreativitas desainer menjadi tantangan sekaligus keharusan dalam memanfaatkan ruang pada media digital melalui strategi tata letak yang komunikatif dan estetis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

________., 2019, About Common Size for Display Ads, [online], (https://support.google.com/google-ads/answer/7031480, diakses tanggal 10 Februari 2020)
APJII, 2019, ‘Laporan Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2018’, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia & Polling Indonesia, Jakarta.
Dewi, Irra Chrisyanti. 2015, ‘Pengantar Psikologi Media’, Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
Parkinson, Joshua., 2020, Ultimate Guide on Facebook Dimensions (for All Page and Feed Images), [online], (https://www.postplanner.com/ultimate-guide-to-facebook-dimensions-cheat-sheet, diakses tanggal 10 Februari 2020)
Piliang, Yasraf Amir. 2010, ‘Realitas Kebudayaan dalam Era Post-Metafisika’, Yogyakarta: Jalasutra.
Samara, Timothy. 2005. ‘Making and Breaking The Grid’, Los Angeles: Rockport Publisher.
Sehl, Katie., 2019, 27 Top Facebook Demographics that Matter to Social Media Marketers, [online], (https://blog.hootsuite.com/facebook-demographics, diakses tanggal 10 Februari 2020)

Downloads

Published

2020-03-05

How to Cite

Maha Putra, A. (2020). DESAINER DALAM MENGHADAPI RAGAM DIMENSI MEDIA DAN TAMPILAN DALAM PERANCANGAN KOMUNIKASI DIGITAL. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 383–390. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/339