KAJIAN PERANAN LUKISAN SEBAGAI MEDIA KRITIS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • I Gst Agung Ayu Widiari Widyaswari
Keywords: era revolusi industry 4.0, lukisan,media kritis, seni

Abstract

Era revolusi industry 4.0 mempermudah masyarakat dalam melakukan dan mengambil kesempatan untuk mengembangkan ide, aspirasi dan informasi positif. Seluruh media yang bahkan dulunya dianggap biasa saja, kini dapat menjadi sebuah medium yang luar biasa dengan memanfaatkan fasilitas di era ini. Contohnya saja dalam media lukisan. Dulunya lukisan hanya dianggap sebagai barang pajangan yang mengandung nilai estetis saja, tetapi saat ini banyak sekali digunakan sebagai media perantara informasi dan kritisi isu-isu maupun keadaan aktual. Dalam tulisan ini akan mengkaji beberapa contoh lukisan ternama yang memiliki makna mendalam dalam sebuah karyanya. Adapun lukisan yang diambil adalah milik Adam Lay, Didik Nurhadi dan GungMan. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mengedukasi bahwa di era revolusi industry 4.0 lukisan tidak hanya sebagai pajangan saja, tetapi mampu menjadi medium kritis dalam perkembangan zaman dengan tidak mengabaikan unsur etis dan estetika didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, Nooryan, 2008, Kritik Seni. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Barthes, Roland, 2010, Membedah mitos-mitos budaya massa, semiotika atau sosiologi tanda, simbol, dan representasi. Yogyakarta : Jalasutra.
Baenanda, Listari, https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/ (diakses 2 februari 2020)
Berger, Artur Asa. 2010, Pengantar Semiotika,Tanda-tanda dalam kebudayaan kontemporer.Yogyakarta.TiaraWacana,.https://www.markboulton.co.uk/journal/icons-symbols-and-a-semiotic-web, diakses tanggal 27 Januari 2020).
Danesi, Marcel. 2004. Pesan, tanda, dan makna,: Jalasutra, Yogyakarta.
Prawira,Nanang Ganda.__, ‘benang merah seni rupa modern’, Satu Nusa.
Hoed, Benny H. 2011,Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu,
Sanyoto,Ebdi, 2005. Dasar-dasar tata rupa dan desain. Yogyakarta : CV. Arti Bumi
Tinarbuko.Sumbo, 2014, ‘Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.
Sobur,Alex 2003, ‘Semiotika Komunikasi’, Remaja Rosdakarya.
_______, https://www.hrexcellency.com/tujuh-pelajaran-paling-inspiratif-dari-tokoh-gatotkaca/ (diakses 7 februari 2020)
______________,Heritage Fine Art Auctions, 2018
Published
2020-03-05
How to Cite
Widyaswari, I. G. A. A. W. (2020). KAJIAN PERANAN LUKISAN SEBAGAI MEDIA KRITIS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 277-283. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/323
Abstract dilihat 22 kali
FULL TEXT diunduh 40 kali