ANALISIS IDENTITAS VISUAL WATER BOOM LIPPO CIKARANG

  • Felicia Violetta Universitas Pelita Harapan
  • Ellis Melini
Keywords: identitas visual, logo, taman rekreasi

Abstract

Identitas visual telah menjadi bagian integral dari keseharian kita. Setiap hari, masyarakat terekspos terhadap sejumlah besar brand yang saling berebutan perhatian. Oleh karena itu, untuk dapat tampil menonjol di tengah sekian banyak pesaing, suatu bisnis perlu memiliki identitas visual yang memiliki distingsi, mudah dikenali, dan mudah diingat. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis apakah subjek dari studi kasusnya, yaitu Water Boom Lippo Cikarang, memiliki identitas visual yang memenuhi kriteria sistem identitas visual yang dirancang dengan baik. Metode-metode yang digunakan dalam studi ini adalah: wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Pertama-tama, penulis mengumpulkan data dengan cara wawancara dan observasi, lalu membandingkan hasilnya dengan seperangkat teori-teori terkait tentang identitas visual dan prinsip gestalt; untuk menemukan celah antara rancangan identitasnya saat ini dengan yang ideal secara teoritis. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa memang identitas visual Water Boom saat ini masih memiliki masalah-masalah visual yang memiliki ruang untuk peningkatan. Setelah menganalisis setiap masalah secara lebih detil, hasilnya kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang suatu sistem identitas visual yang lebih baik dan representatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baud-Bovy, Manuel, dan Fred Lawson. Tourism & Recreation Handbook of Planning and Design. Oxford: Architectural Press, 1998.
Crow, David. Visible Signs: An Introduction to Semiotics in the Visual Arts. Lausanne: AVA Publishing, 2010.
Landa, Robin. Graphic Design Solutions. Boston: Wadsworth, 2011.
Lidwell, William, Kritina Holden, dan Jill Butler. Universal Principles of Design. Massachusetts: Rockport Publishers, Inc., 2010.
Published
2020-03-05
How to Cite
Violetta, F., & Melini, E. (2020). ANALISIS IDENTITAS VISUAL WATER BOOM LIPPO CIKARANG. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 257-263. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/319
Abstract dilihat 27 kali
FULL TEXT diunduh 60 kali