PENGARUH WARNA SECARA ERGONOMIS TERHADAP PEMBELAJARAN DINI MENGENAL ANGKA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CEMPAKA RIA

  • Nurul Primayanti Universitas Agung Podomoro
Keywords: Alat Permainan Edukatif, Warna, Ergonomi, Pembelajaran dini, Anak usia 5-6 tahun

Abstract

Alat Permainan Edukatif adalah suatu media yang berbentuk mainan dan berfungsi untuk memberikan pembelajaran tertentu kepada penggunanya yaitu anak-anak. Bermain merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dan membantu untuk saling berinteraksi sosial, baik untuk perkembangan motorik halus, melatih kepercayaan diri khususnya anak usia 5-6 tahun. Perkembangan anak harus diperhatikan, karena proses tersebut sangatlah pesat. Peran pengajar TK/PAUD yang diamati oleh peneliti memperhatikan kegiatan bermain , mendampingi anak agar variasi permainan lebih banyak.  Mengenal angka dalam pembelajaran dini anak usia 5-6 tahun sangatlah penting. Dengan adanya alat permainan edukatif mengenal angka tidaklah hal yang sulit, karena media ini menggunakan warna – warna yang cerah dan desain yang ergonomis. Sehingga motivasi anak untuk memainkan alat permainan edukatif tinggi, mereka bermain tanpa menyadari bahwa mereka sedang belajar. Anak-anak sangatlah menyukai visual yang menarik, maka produsen alat permainan edukatif yang menarik adalah yang desain produknya sangat dipengaruhi oleh analisis kelayakan produk. Peneliti mencoba untuk memperhatikan pengaruh aspek warna secara ergonomis pada alat permainan edukatif terhadap pembelajaran dini anak usia 5-6 tahun. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-11.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Damayanti, Ayu Dutika. 2009. Toys For Kids Kiat Memilih Mainan Untuk Anak, Curvaksara. Yogyakarta.
Kusmiati, Arniti dan Pramudji Suptandar.1997. Unsur Warna dalam Perancangan Desain. Jakarta : Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanegara
Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Manian dan Permainan. Jakarta: Grasindo
Negoro Harahap. 1998. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurmianto, E. 2004. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Prima Printing.
Published
2020-03-05
How to Cite
Primayanti, N. (2020). PENGARUH WARNA SECARA ERGONOMIS TERHADAP PEMBELAJARAN DINI MENGENAL ANGKA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CEMPAKA RIA. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 152-159. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/282
Abstract dilihat 934 kali
FULL TEXT diunduh 632 kali