PENGUKURAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BALIHO PADA PEMILIHAN UMUM 2019 TERHADAP GENERASI MILENIAL
Keywords:
generasi milenial, media baliho, pemilihan umumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan baliho sebagai komunikasi politik terhadap generasi milenial pada momentum pemilihan umum legislatif tahun 2019. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas penggunaan media baliho dalam meningkatkan elektabilitas bagi generasi milenial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data Purposive Sampling, infroman penelitian ini adalah generasi milenial dengan rentang usia 15-35 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baliho merupakan media komunikasi politik yang sukses untuk mengkonstruksi elektabilitas bakal calon legislatif, karena media ini dianggap lebih mudah, cepat, dan tepat sasaran.
Downloads
References
Gedeian, A. G. (1991). Organization Theory and Design. Denver: University of Colorado.
Ida, R. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
APJII. (2019, Januari Rabu). Buletin APJII. Retrieved from APJII: https://apjii.or.id
BPS. (2019, Januari 22). Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=336&wid=0
Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer: Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: ANDI.
Piliang, Y. A. (2003). Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior. New Jersey: Patience Hall International.
Panjaitan, P., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Social Media Terhadap Produktivitas Kerja Generasi Millenial (Studi Pada Karyawan PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Juanda). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 173-180.