KAJIAN ATMOSFER SEBAGAI TITIK BERANGKAT PERANCANGAN ARSITEKTUR HOTEL BUTIK
Studi Kasus : Hotel Katamama Bali
Keywords:
ATMOSFER, ARSITEKTUR, TEMA, PENDEKATAN PERANCANGANAbstract
Penelitian dilatarbelakangi munculnya hotel butik kategori design, architectural and designer yang mengedepankan design architecture dan design achievement fokus pelayanan. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji peran atmosfer sebagai titik berangkat atau tema perancangan arsitektur hotel butik. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tema perancangan arsitektur bisa muncul dari pengalaman ber-arsitektur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan physical traces, observasi visual, videography dan visual analysis. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi, komparasi, dan triangulasi data dengan interpretasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer (suasana) dari suatu tempat yang dikunjungi arsitek sebagai pengalaman ber-arsitektur dan menjadi titik berangkat dalam perancangan arsitektur. Fokus penelitian ini adalah elemen atmosfer dari lingkungan, meliputi material dan immaterial dari suatu lingkungan yang akan menjadi acuan dasar dalam perancangan arsitektur yang ditentukan oleh arsitek untuk mewujudkan atmosfer tertentu, meliputi elemen lighting, style, layout, color dan furnishing. Praktisi dan perancang hotel perlu memahami pentingnya atmosfer sebagai titik berangkat perancangan arsitektur hotel butik, khususnya yang berfokus memberikan authenticity terkait dengan kesesuaian properti hotel butik dengan destinasi wisata di mana lokasi hotel butik berada.
Downloads
References
Biehl-Missal, B. (2013). The Atmosphere of The Image: An Aesthetic Concept for Visual Analysis. Consumption Markets and Culture, 16(4), 356–367. https://doi.org/10.1080/10253866.2012.668369
Bohme, G. (2013). Atmosphere as Mindful Physical Presence in Space. OASE #91: Building Atmosphere, 91, 21–32. Retrieved from https://oasejournal.nl/en/Issues/91/AtmosphereAsMindfulPhysicalPresenceInSpace#021
Chan, C. (2012). Lodging Subsector Report: Boutique Hotels. Retrieved from https://atrium2.lib.uoguelph.ca/xmlui/bitstream/handle/10214/3587/Lodging_subsector_report_boutique_hotels.pdf?sequence=7&isAllowed=y
Countryman, C. C., & Jang, S. (2006). The Effects of Atmospheric Elements on Customer Impression: The Case of Hotel Lobbies. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 18(7), 534–545. https://doi.org/10.1108/09596110610702968
Heide, M., Lærdal, K., & Grønhaug, K. (2007). The design and management of ambience-Implications for hotel architecture and service. Tourism Management, 28(5), 1315–1325. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.01.011
Jensen, S. H., & Kirkegaard, P. H. (2015). Architectural Atmosphere in Learning Environments – Daylight in Practice. Retrieved from http://thedaylightsite.com/wp-content/uploads/2015/09/Architectural-Atmosphere-in-Learning-Environments.pdf
Jones, D. L., Day, J., & Quadri-Felitti, D. (2013). Emerging Definitions of Boutique and Lifestyle Hotels: A Delphi Study. Journal of Travel & Tourism Marketing, 30(7), 715–731. https://doi.org/10.1080/10548408.2013.827549
Katamama. (2017a). Andra Matin on Light and Shadow. Retrieved January 20, 2019, from https://www.youtube.com/watch?v=AyhzqBB00BQ&t=8s
Katamama. (2017b). Interview : Andra Matin. Retrieved January 21, 2018, from https://www.katamama.com/interview-andra-matin/
Kotler, P. (1973). Atmospherics as A Marketing Tool. Journal of Retailing, 49(4), 48–64.
Marlinda, E. S., Barliana, M. S., & Krisnanto, E. (2013). Hubungan Pengalaman Berarsitektur dengan Kreativitas Desain Mahasiswa. Journal INVOTEC- Inovation of Vocational Technology Education, IX(1), 1–16. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/4880
Matin, A. (2016a). Katamama/Andramatin. Retrieved January 20, 2019, from https://www.archdaily.com/791287/katamama-andra-matin
Matin, A. (2016b). Kuliah Tamu : Metode, Konteks, dan Tipologi dalam Proses Desain Andra Matin (18 November 2016). Bandung.
Mundakir, D. (2016). Katamama Hotel. Archinesia 09. Retrieved from http://archinesia.com/product/archinesia-9/
Naqshbandi Muzamil, M., & Munir, R. S. (2011). Atmospheric Elements and Personality: Impact on Hotel Lobby Impressions. World Applied Sciences Journal, 15(6), 785–792. https://doi.org/10.2139/ssrn.2361143
Norberg-Schulz, C. (1979). Genius Loci : Towards a Phenomenology of Architecture. New York: Rizolli International Publications Inc.
Palilingan, P. (2016). Architecture Talk with Andra Matin.
Purdy, D. (2016). Between Atmosphere and Character. International Journal of Architectural Theory, 21(35), 135–147.
Salura, P. (2001). Ber-arsitektur : Membuat Menggunakan Mengalami dan Memahami Arsitektur. Bandung: Architecture and Communication.
Suriano, M. A. (2012). On Architecture of Atmosphere. Ryerson University.
Zumthor, P. (2006). Atmospheres. Berlin: Birkhauser Verlag AG.