DESAIN FURNITURE BERBASIS DESAIN THINKING DENGAN MENGINTEGRASIKAN ASPEK EMOSIONAL DAN FUNGSIONAL

  • Jessen Santoso 6282242102315
  • Ezra Peranginangin
Keywords: design thinking, fungsional, emosional, media sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan proses berpikir disain (design thinking) pada perancangan furniture dengan mengadopsi alam sebagai inspirasi. Berpikir disain yang telah menjadi pendekatan untuk inovasi disain produk telah umum diaplikasikan dalam disain produk, namun masih sangat jarang peneliti yang mengidentifikasi fenomena dalam aplikasi proses berpikir disain yang holistik dan terstruktur. Kursi tersebut harus dapat mencerminkan aspek emosional dimana pengguna dapat merasakan pengalaman senang di lokasi berlibur. Disamping itu, kursi tersebut juga berfungsi sebagai objek fotografi yang berorientasi media sosial disamping fungsi harafiahnya sebagai te mpat beristirahat. Penelitian iniĀ  mengeksplorasi proses berpikir disain dengan mengeksplorasi aspek emosional dan fungsional dalam menginovasikan kursi taman kemudian diikuti dengan validasi pengalaman dari perspektif pengguna dan pembuat.

Kata kunci: design thinking, fungsional, emosional, media sosial.

Abstract

This research aims for applying design thinking process in the furniture design context inspiring from the nature. Design thinking has been the effective approach for innovation particularly on product design, however less study discuss the phenomena in regards the applied design thinking in furniture design holistically. Understanding these phenomena would provide inspiration and feedback in applying design thinking in academics and practices. The requirements to be considered in the design of this furniture are categorized in functional and emotional aspects. In term of functional aspects, the chair expressed the function of vocational chair enable its aesthetic to be social-media based photography beside its basic function. On the other hand, user should be able to experience the fun of vacation as part of user experience during utilization. Finally, this research also validates the design from the perspective of the user and manufacturer.

Keywords: design thinking, functional, emotional, media social

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jackson, D. M., & Fulberg, P. (2003). Moodboards. In Sonic Branding (pp. 115-121). Palgrave Macmillan, London.
Published
2019-02-21
How to Cite
Santoso, J., & Peranginangin, E. (2019). DESAIN FURNITURE BERBASIS DESAIN THINKING DENGAN MENGINTEGRASIKAN ASPEK EMOSIONAL DAN FUNGSIONAL. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 471-475. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/134
Abstract dilihat 784 kali
FULL TEXT diunduh 581 kali