PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI PAYLATER DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGGUNA E-COMMERCE: STUDI PADA BISNIS KREATIF BRAND ERIGO

Authors

  • Putu Yogi Agustia Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Kadek Ayu Pradnya Paramita Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Vita Wulansari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ngurah Gede Dwi Mahadipta Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Kemudahan Transaksi Paylater, Customer Review, Impulsive Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan transaksi paylater dan customer review terhadap impulsive buying pengguna e-commerce: studi pada bisnis kreatif brand Erigo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, menyebarkan kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna yang pernah menggunakan teknologi paylater dan customer review dalam pembelian brand Erigo. Jumlah sampel sebanyak 200 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kemudahan transaksi paylater dan customer review secara parsial berpengaruh positif terhadap impulsive buying pengguna e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfinatu, N., & Sri, S. I. (2023). Pengaruh Kemudahan dan Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 8-21.

Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The effect of word of mouth on sales: Online book reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345-354.

Dey, P., Roy, S. K., & Datta, B. (2023). Examining the role of Buy Now Pay Later (BNPL) in impulsive buying: A conceptual review. Journal of Consumer Behaviour, 22(1), 78-92.

Dhanty, W. R., Cahyanti, A. V., & Alexandra, E. T. (2022). Analisis Pengaruh Kemudahan Paylater pada Aplikasi Shopee dan Promo Diskon Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi pada Pengguna Shopee di DKI Jakarta). Jurnal Manajemen dan Bisnis Jayakarta, 4(1).

Dhar, R., & Nowlis, S. M. (2021). The effect of time delay on consumer choice. Journal of Consumer Research, 28(1), 29-43.

Filieri, R., Hofacker, C. F., & Alguezaui, S. (2018). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences. Journal of Business Research, 86, 102-116.

Lee, J., Shin, H., & Park, H. (2022). The role of online reviews in influencing consumer behavior: A meta-analysis. Electronic Commerce Research and Applications, 5(4), 101-126.

Lim, W. M., Teh, P. L., & Ahmed, P. K. (2016). E-commerce: Conceptualizing the influence of consumer characteristics on online shopping. Journal of Retailing and Consumer Services, 3(1), 75-88.

Park, C., & Lee, T. M. (2009). Information direction, website reputation and eWOM effect: A moderating role of product type. Journal of Business Research, 62(1), 61-67.

Ria, S., Althon, K.P., Chrismesi, P. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Diskon Harga terhadap Online Impulsive Buying Pengguna Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2022). Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 1(4), 277-287.

Rahmatika, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. 7(1), 44-57.

Retno, A. A. L. (2024). Pengaruh Ulasan & Rating Online terhadap Impulsive Buying debgan Intervening Trust. Journal Of Social Science Research, 4(2), 9446-9457.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative influences on impulsive buying behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305-313.

Sharma, A., Gupta, P., & Jain, P. (2021). Understanding the impact of BNPL on consumer buying behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 6(2), 102-644.

Verhagen, T., & van Dolen, W. (2011). The influence of online store beliefs on consumer online impulse buying: A model and empirical application. Information & Management, 48(8), 320-327.

Zhang, T., Tao, M., & Wang, Y. (2020). How social commerce features drive impulse buying: The role of consumer characteristics and emotions. Journal of Business Research, 117, 798-810.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Putu Yogi Agustia Pratama, Ni Kadek Ayu Pradnya Paramita, Vita Wulansari, & Ngurah Gede Dwi Mahadipta. (2025). PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI PAYLATER DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGGUNA E-COMMERCE: STUDI PADA BISNIS KREATIF BRAND ERIGO. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 8, 349–358. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/1023