PERAN DESAIN DAN STRATEGI BISNIS DALAM REVOLUSI INDUSTRI KREATIF BERBASIS AI (KREATIVITAS VS. OTOMATISASI)
Keywords:
creativity, automation, business strategy, creative industryAbstract
Revolusi industri kreatif berbasis kecerdasan buatan (Al) telah memicu perdebatan mengenai keseimbangan antara kreativitas manusia dan otomatisasi dalam desain serta strategi bisnis. Penelitian ini menggunakan metode bibliometrik untuk menganalisis tren publikasi ilmiah terkait peran desain dan strategi bisnis dalam industri kreatif yang terdampak Al. Data dikumpulkan dari database akademik seperti Scopus dan Web of Science dalam rentang waktu 2015—2024. Analisis bibliometrik dilakukan dengan perangkat lunak VOSviewer dan R Bibliometrix untuk mengidentifikasi pola kolaborasi penulis, kata kunci dominan, serta tren penelitian yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi mengenai dampak Al terhadap desain dan strategi bisnis dalam industri kreatif. Topik yang paling sering dibahas mencakup generative design, algorithmic creativity, serta inovasi berbasis data dalam pemasaran dan pengembangan produk. Analisis jaringan bibliometrik mengungkapkan bahwa penelitian di bidang ini didominasi Oleh kolaborasi multidisiplin antara bidang teknologi, seni, dan manajemen bisnis. Selain itu, ditemukan bahwa Al berperan sebagai alat augmentasi bagi desainer dan pelaku bisnis, bukan sebagai pengganti kreativitas manusia. Studi ini memberikan wawasan bagi akademisi dan praktisi mengenai perkembangan riset dalam industri kreatif berbasis Al serta arah penelitian masa depan yang dapat mengeksplorasi lebih lanjut dampak etis, regulasi, dan integrasi Al dalam proses kreatif dan strategi bisnis. Dengan memahami tren penelitian ini, diharapkan dapat tercipta keseimbangan yang optimal antara kreativitas manusia dan otomatisasi untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif yang berkelanjutan.
Downloads
References
Referensi dari buku
Adiningsih, S. (2019). Transformasi Ekonomi Berabasis Digital di Indonesia (1st ed.). Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Referensi dari artikel jurnal
Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. “Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada
Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia”
. Jurnal Teknik Industri, Vol.
, No. 2, pp. 122-133.2020.
Trisnadoli, A., Arifin, S. P., & Muslim, I.
“Analisis Hasil Kajian Perencanaan Infrastruktur Teknologi
Informasi untuk Mendukung Grand Design Riau Digital”
. Journal of Informatics Information System
Software Engineering and Applications (INISTA), Vol. 5, No. 1, pp. 36-42. 2022.
Ramadhana, M. A., & Hussein, A. S. “Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Terhadap
Customer Loyaty Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Manajemen Pemasaran
dan Perilaku Konsumen, Vol. 1, No. 4. 2022.
Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. “Analisis Bibliometrik Perkembangan
Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer”
. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi
Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 16, No. 1, pp. 10–17. 2021.
Bangsawan, G. “Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan
untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif”
. Jurnal Studi Kebijakan Publik, Vol. 2, No. 1, pp. 27–40.
Lestari, N., Pasha, P. A., Oktapianti, M., & Noviarita, H. “Teori Pembangunan Ekonomi”
. REVENUE:
Jurnal Manajemen Bisnis Islam, Vol. 2, No. 2, pp. 95–112. 2021.
Aysa, I. R. “Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress”
. Jurnal At-
Tamwil , Vol. 3. 2021.
Permana, T., Puspitaningsih, A., & Studi Ekonomi Pembangunan, P. “Studi Ekonomi Digital Di
Indonesia”. Jurnal Simki Economic, Vol. 4, No. 2, pp.161–170. 2021.
Hadiono, K., Candra, R., & Santi, N. “Menyongsong Transformasi Digital”
. Sendiu. 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Intan Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.