PERAN DESAIN DAN STRATEGI BISNIS DALAM REVOLUSI INDUSTRI KREATIF BERBASIS AI (KREATIVITAS VS. OTOMATISASI)

Authors

  • Ayu Intan Sari Universitas Udayana

Keywords:

creativity, automation, business strategy, creative industry

Abstract

Revolusi industri kreatif berbasis kecerdasan buatan (Al) telah memicu perdebatan mengenai keseimbangan antara kreativitas manusia dan otomatisasi dalam desain serta strategi bisnis. Penelitian ini menggunakan metode bibliometrik untuk menganalisis tren publikasi ilmiah terkait peran desain dan strategi bisnis dalam industri kreatif yang terdampak Al. Data dikumpulkan dari database akademik seperti Scopus dan Web of Science dalam rentang waktu 2015—2024. Analisis bibliometrik dilakukan dengan perangkat lunak VOSviewer dan R Bibliometrix untuk mengidentifikasi pola kolaborasi penulis, kata kunci dominan, serta tren penelitian yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi mengenai dampak Al terhadap desain dan strategi bisnis dalam industri kreatif. Topik yang paling sering dibahas mencakup generative design, algorithmic creativity, serta inovasi berbasis data dalam pemasaran dan pengembangan produk. Analisis jaringan bibliometrik mengungkapkan bahwa penelitian di bidang ini didominasi Oleh kolaborasi multidisiplin antara bidang teknologi, seni, dan manajemen bisnis. Selain itu, ditemukan bahwa Al berperan sebagai alat augmentasi bagi desainer dan pelaku bisnis, bukan sebagai pengganti kreativitas manusia. Studi ini memberikan wawasan bagi akademisi dan praktisi mengenai perkembangan riset dalam industri kreatif berbasis Al serta arah penelitian masa depan yang dapat mengeksplorasi lebih lanjut dampak etis, regulasi, dan integrasi Al dalam proses kreatif dan strategi bisnis. Dengan memahami tren penelitian ini, diharapkan dapat tercipta keseimbangan yang optimal antara kreativitas manusia dan otomatisasi untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

 Referensi dari buku

Adiningsih, S. (2019). Transformasi Ekonomi Berabasis Digital di Indonesia (1st ed.). Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 2019.

 Referensi dari artikel jurnal

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. “Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada

Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia”

. Jurnal Teknik Industri, Vol.

, No. 2, pp. 122-133.2020.

Trisnadoli, A., Arifin, S. P., & Muslim, I.

“Analisis Hasil Kajian Perencanaan Infrastruktur Teknologi

Informasi untuk Mendukung Grand Design Riau Digital”

. Journal of Informatics Information System

Software Engineering and Applications (INISTA), Vol. 5, No. 1, pp. 36-42. 2022.

Ramadhana, M. A., & Hussein, A. S. “Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Terhadap

Customer Loyaty Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Manajemen Pemasaran

dan Perilaku Konsumen, Vol. 1, No. 4. 2022.

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. “Analisis Bibliometrik Perkembangan

Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer”

. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi

Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 16, No. 1, pp. 10–17. 2021.

Bangsawan, G. “Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan

untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif”

. Jurnal Studi Kebijakan Publik, Vol. 2, No. 1, pp. 27–40.

Lestari, N., Pasha, P. A., Oktapianti, M., & Noviarita, H. “Teori Pembangunan Ekonomi”

. REVENUE:

Jurnal Manajemen Bisnis Islam, Vol. 2, No. 2, pp. 95–112. 2021.

Aysa, I. R. “Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress”

. Jurnal At-

Tamwil , Vol. 3. 2021.

Permana, T., Puspitaningsih, A., & Studi Ekonomi Pembangunan, P. “Studi Ekonomi Digital Di

Indonesia”. Jurnal Simki Economic, Vol. 4, No. 2, pp.161–170. 2021.

Hadiono, K., Candra, R., & Santi, N. “Menyongsong Transformasi Digital”

. Sendiu. 2020.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Sari, A. I. (2025). PERAN DESAIN DAN STRATEGI BISNIS DALAM REVOLUSI INDUSTRI KREATIF BERBASIS AI (KREATIVITAS VS. OTOMATISASI). SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 8, 294–301. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/1014