KONSTRUKSI MODEL DIGITAL PADA MEDIA DALAM INDUSTRI FASHION
Keywords:
Model Digital, Iklan Media Fashion, Representasi Digital, AI FashionAbstract
Industri fashion mengalami transformasi signifikan dengan hadirnya model digital berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Computer-Generated Imagery (CGI).Kehadiran model virtual seperti Shudu Gram, Lil Miquela, dan Imma telah mengubah lanskap pemasaran fashion, terutama dalam iklan digital, kampanye media social, dan peragaan busana virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi model digital dalam media fashion, serta mengevaluasi dampak teknologi AI terhadap persepsi konsumen dan strategi pemasaran merek fashion. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten, studi kasus. Hasil penelitian ini menawarkan efisiensi produksi, fleksibilitas desain dan inovasi visual dalam membangun koneksi emosional dengan audiens. Kampanye fashion mendapatkan engagement yang lebih tinggi dari model manusia dibandingkan dengan model digital, namun model digital menarik perhatian karena aspek futuristiknya.
Downloads
References
E. Marta, "Pengaruh Model Virtual terhadap Dunia Mode," Jurnal Ilmu Komunikasi dan Desain, Universitas Ciputra, Surabaya, 2024.
Rachmaniar, D. "Usaha Pembuatan Fashion dengan Bantuan AI pada Rachmaniar Fashion Taylor." Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta, 2023.
Siregar, M. A., & Siregar, R. "Pengaruh Alat Fashion Berbasis AI terhadap Kepuasan Konsumen." Tesis, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung, 2023.
• Referensi dari buku
Hine, Christine. Virtual Ethnography. London: SAGE Publications. 2000.
R. Nasrullah, Etnografi Virtual: Interaksi, Budaya, dan Masyarakat di Internet, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
• Referensi dari Websites
S. Gram, "Balmain’s Virtual Army is the Future of Fashion," The Independent, 2018. Available: https://www.the-independent.com/life-style/fashion/balmain-virtual-models-digital-campaign-fashion-shudu-a8520871.html . [Accessed: 10-Mar-2025].
"Virtual Influencers are Becoming More Real – Here’s Why Brands Should be Cautious," American Marketing Association, 2019. Available: https://www.ama.org/marketing-news/virtual-influencers-are-becoming-more-real-heres-why-brands-should-be-cautious/ . [Accessed: 10-Mar-2025].
"Virtual Influencers and Their Social Media Appeal to Brands in the Metaverse," Territory Influence, 2023. Available: https://www.territory-influence.com/virtual-influencers-and-their-social-media-appeal-to-brands-in-the-metaverse/ . [Accessed: 10-Mar-2025].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ariani Wardhani, Fachmi Khaddam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.